Cara merawat kucing

Selasa, Desember 19th, 2017 - tips dan trik

Cara Merawat Kucing yang benar

merawat kucing

 

anda suka kucing? Kucing jenis apa yang Anda miliki? Selain Anjing, burung, dan ikan hias, kucing pun menjadi binatang peliharaan favorit bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya anak-anak, para remaja dan orang dewasa pun banyak yang menyukainya. Bulunya yang panjang dan halus membuat semua orang betah mengelus-elusnya. Tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan menjadi daya tarik tersendiri untuk memelihara kucing di rumah. Selain itu, kucing juga pemeliharaan dan perawatannya pun tidak begitu rumit.

            Bagi sebagian orang, kucing memang disayang. Terlebih lagi jenisnya yang beragam mampu membius mereka untuk merawat kucing. Baik itu kucing domestik atau biasa disebut kucing kampung, kucing Persia, kucing Anggora, kucing Maine Coon, dan jenis-jenis kucing lainnya. Setiap jenis ras kucing ini memiliki ciri dan keunikan tersendiri. Seperti kucing Persia yang terkenal dengan bulunya yang panjang serta wajahnya yang bulat dengan tubuh pendeknya. Kucing Anggora dengan bulunya yang panjang dan lebat mengembung. Kucing Maine Coon yang memiliki bulu sangat tebal dan anti air hingga kucing ini pun bisa bertahan dalam cuaca yang ekstrim sekalipun, serta keunikan lain pada jenis kucing lainnya.

Ada banyak cara merawat kucing yang bisa Anda terapkan di rumah. Tentu perawatan ini tak hanya bisa dilakukan sekali, perlu dilakukan setiap hari agar kucing kesayangan Anda tetap sehat, terawat, bersih, dan terhindar dari berbagai macam penyakit kucing. Berikut ini beberapa cara merawat kucing sendiri di rumah.

  1. Memberi Makan Setiap Hari

Memberi makan kucing tak boleh asal-asalan. Apalagi kalau kucing yang Anda pelihara termasuk jenis kucing mahal seperti kucing Persia atau kucing Anggora. Makanan kucing-kucing ini berbeda sekali dengan kucing biasa atau domestik. Anda perlu menyesuaikan jenis makanan dengan jenis ras kucing peliharaan Anda. Pemberian makanan yang asal bisa berakibat buruk pada kucing. Selain karena tidak memakannya, kucing juga bisa lemah dan terserang penyakit.

Beri kucing Anda makan secara teratur setiap harinya. Beri makanan yang memang untuk kucing. Makanan ini biasa dijual di berbagai toko hewan yang ada di kota Anda. Selain itu jangan lupa untuk memberikannya minum juga. Berikan minuman berupa air putih atau air yang dicampur dengan vitamin khusus kucing. Minuman ini juga dibutuhkan oleh tubuh kucing agar selalu sehat dan bulunya bisa tumbuh lebat serta tidak mudah rontok.

  1. Merawat Kebersihan Kucing

Salah satu cara merawat kucing yang perlu Anda lakukan adalah merawat kebersihan tubuhnya. Anda harus memandikan, mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Karena memang bagian-bagian tubuh kucing tersebut sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, maupun virus. Sebaiknya kucing dimandikan secara teratur setiap satu atau dua kali dalam dua minggu. Gunakan air dingin untuk memandikannya. Karena jika menggunakan air panas bulu-bulu kucing akan rontok dengan sendirinya. Anda juga bisa menggunakan sabun atau shampoo khusus untuk kucing. Untuk kebersihan gigi, telinga, dan kuku juga perlu dibersihkan setiap sebulan sekali atau sesuai dengan kondisi kucing.

Selain membersihkan tubuhnya, Anda juga perlu memperhatikan bulu kucing. Menyikat bulu kucing secara rutin dan teratur juga merupakan salah satu cara merawat kucing dengan baik. Apabila kucing peliharaan Anda memiliki bulu yang panjang, Anda bisa menggunakan pin brush untuk menyisiri bulunya. Sedangkan kucing yang berbulu pendek bisa menggunakan Slicker brush yang bentuknya pipih. Untuk menyisir bagian-bagian bulu tubuh yang lebih kecil, seperti pada telinga dan wajah, gunakanlah sikat berbentuk segitiga yang lebih kecil dari sikat biasa. Dengan cara ini, bulu-bulu kucing Anda akan terlihat rapi, bersih, dan halus. Anda bisa melakukan perawatan kucing ini di rumah maupun di tempat yang menyediakan jasa perawatan kucing. Saat ini sudah banyak sekali tempat yang memang khusus untuk perawatan kucing.

  1. Mengajak Kucing Bermain

Selain bentuk fisiknya yang unik, kucing juga memiliki ciri khas dalam bertingkah laku. Tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan membuat seseorang ingin selalu bermain bersamanya. Begitu pula dengan Ada kan?. Kucing biasa bermain dan beraksi di manapun tempatnya. Anda pun bisa mengajak kucing peliharan Anda bermain di rumah maupun di luar rumah. Saat bermain di rumah, pastikan kucing Anda dalam keadaan bersih, karena Anda pasti akan bersentuhan langsung dengan kucing serta untuk mengindari penyakit yang bisa tersebar melalui kucing. Anda pun bisa mengajaknya ke luar rumah untuk sekedar bermain dan menghirup udara segar di taman. Bisa juga saat jalan-jalan menyusuri kota. Ingat, jangan lupa untuk mengikat lehernya dengan tali khusus agar kucing tidak pergi jauh dari Anda.

Dengan bermain bersama hewan peliharaan, akan membuat hari Anda terasa senang. Apalagi jika kucing yang Anda miliki aktif dan mampu melakukan berbagai hal. Anda bisa memberikannya mainan atau barang khusus bagi kucing yang memang membuatnya aktif. Jika kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus, kucing Anda akan dekat dan menurut pada Anda. Bahkan kucing bisa mengenali Anda walau dari lokasi yang berjauhan.

 

  1. Membersihkan Kandang Kucing

Kandang kucing harus bersih selalu. Kandang ini pun harus Anda bersihkan setiap harinya. Sisa makanan kucing yang tak dimakannya harus Anda buang saat jam makan berikutnya tiba. Kebersihan tempat makanan ini pun perlu Anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai ada kotoran yang bercampur dengan makanan. Hal ini akan mendatangkan berbagai penyakit pada kucing. Cara merawat kucing yang satu ini memang membutuhan tenaga yang ekstra. Namun, cara ini harus dilakukan agar kandang selalu bersih sehingga kucing tidak stress dan nyaman berada di dalamnya.

Selain itu, kotoran-kotoran kucing harus dibuang secara berkala setiap harinya. Biasanya kotora-kotoran ini bercampur dengan pasir yang memang ada untuk kucing. Anda perlu menyiapkan kotak kotoran yang bersih agar kucing Anda tidak buang air sembarangan.

  1. Memeriksakan Kucing Secara Teratur

 

Cara merawat kucing yang terakhir dan perlu Anda lakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan. Anda harus memeriksakan keadaan kucing Anda secara berkala dan teratur. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kucing. Anda bisa datang ke dokter hewan langganan Anda setiap sebulan atau tiga bulan sekali. Biasanya dokter akan memeriksa keadaan mata, telinga, kulit, bulu, urine, dan keadaan tubuh kucing bagian dalam. Selain itu dokter juga akan memberikan vaksin yang mampu mencegah kucing Anda dari berbagai penyakit akibat virus atau bakteri. Perawatan kucing ini wajib Anda lakukan untuk memastikan bahwa kucing Anda dalam keadaan sehat.

Bagaimana, mudah bukan cara merawat kucing? Nah, jika Anda masih kesulitan dalam merawat kucing peliharan Anda, Anda perlu mengonsultasikannya ke dokter hewan sekarang juga. Jaga kebersihan dan kesehatan kucing Anda. Semoga artikel mengenai cara merawat kucing ini bermanfaat. Terima kasih. baca juga ” situs kesehatan untuk ibu hamil Tips Ibu